Kamis, 01 November 2012

FOSI FPIK UNLAM




Selayang Pandang
UKM KEISLAMAN FAKULTAS PERIKANAN
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

Kampus merupakan basis tumbuh dan berkembangnya manusia-manusia yang mempunyai jiwa intelektual yang relative tinggi dan mempunyai peranan yang signifikan dalam tatanan social kemasyarakatan. Kampus merupakan rahim lahirnya kader-kader pendukung dakwah yang produktif dan berintelektual islam. Mahsiswa mempunyai peranan sebagai iron stock dan agent of change. Maka fakultas perikanan universitas lambung mangkurat banjarbaru sebagai salah satu bagian dari tempat lahirnya manusia berpotensi intelektual islam yang akan mewarnai dunia denagn semangat keislamannya.
Beranjak dari kesadaran akan kewajiban syiar dan dakwah islam bagi setiap individu muslim dan urgensi tarbiyah  (pendidiakn) dalam kehidupan masyarakat kampus yang tersusun rapi, maka semata-mata dengsn menghaparkan ridho allah swt dibentuklah Forum Studi Islam (FOSDI) Fakultas Perikanan Universitas Lambung Mangkurat di Banjarbaru pada tahun 1993.
Seiring semakin besarnya tantangan dalam dianmika kehidupan kampus, kajian tentang hal-hal yang mendasar dalam islam dirasakan masih belum mencukupi karena itu tuntutan mengenai kajian islam yang luas dan komprehensif sangat penting. Maka sejak juli 1995 Forum Studi Dasar Islam (FOSDI) berubah nama menjadi Forum Studi Islam (FOSI) An Nuur.
FOSI An Nuur mempunyai identitas sebagai forum pembinaan kepada mahasiswa muslim yang mempunyai ghirah (semangat) keislaman untuk bersama-sama menyatukan gerak dan langkah dalam menggali, memperjuangkan dan mengaplikasikan nilai-nilai islam agar sesuai dengan tuntutan al-quran dan as sunnah sebagai sumber hukum tertinggi.

Nama FOSI An Nuur Dan Arti Lambang

Kata AN NUUR diambil dari bahasa arab yang artinay “Cahaya”. Nama ini diambil karena alat tangkap ikan pada umumnya tertarik dengan cahaya.
Lambang FOSI An Nuur, terdiri dari :

1.  Lingkaran segi delapan dengan berdasarkan filosofi “Sarang Lebah” sebagai benteng yang berarti :
a.        Pelindung orang-orang yang berada di dalamnya
b.        Bentuknya tidak tertutup rapat, tetapi bentuknya tidak eksklusif
2. Tulisan “Forum Studi Islam (FOSI) An Nuur” sebagai identitas organisasi.
3. Tulisan “An Nuur”dalam bahasa arab artinya FOSI An Nuur berfungsi sebagai lembaga dakwah islsm yaitu mengajak kepada yang ma’ruf dan mencegah kemungkaran
4. Lambang bulan dan bintang dengan arti cahaya islam lah yang diinginkan ada di fakultas perikanan
5. Tulisan “FOSI An Nuur DEMA FI UNLAM” artinya Fakultas Perikanan sebagai sasaran dakwah FOSI An Nuur

Visi Dan Misi

Visi
Visi forum studi islam (FOSI) An Nuur adalah membangun idnetitas islam pada masyarakat kampus dan mencetak mahasiswa yang memiliki watak pemimpin bertaqwa dan intelek

Misi
1.        Sebagai pelopor dan penggerak dalam mewujudkan masyarakat yang islami
2.        Sebagai wadah pendidikn (tarbiyah) islam menuju pemahamaa islam yang kaffah
3.        Sebagai wadah kreativitas untuk syiar dakwah di kampus Fakultas Perikanan


0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...